'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
SEMINAR PENCEGAHAN STUNTING
22 September 2021 19:25 WIB | dibaca 87

PDA BATU –Sinergi dengan Program Pemerintahan, maka kerjasama Majlis Tabligh, Majlis Ekonomi dan Majlis Kesehatan menggelar seminar Pencegahan Stunting Sabtu 11 Shafar 1443 H yang bertepatan dengan tanggal 18 September 2021 M dengan tema Peran Keluarga dalam Optimalisasi Pola Asuh Anak secaca Holistic Integrative yang dihadiri oleh Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah dan semua Kepala Sekolah TK serta Paud yang bertempat di Aula SMP Muhammadiyah Batu.

Dengan Semakin menurunnya tingkat wabah Pandemi di kota Batu akan menambah gairah aktifitas kegiatan pelaksanaan program tiap Majlis di ‘Aisyiyah Daerah Kota Batu khususnya, masyarakat pada umumnya. Untuk itu maka sinergi antar ketiga majlis mengadakan seminar tersebut diatas dengan tujuan agar orang tua khususnya dan keluarga umumnya dapat mengetahui cara yang tepat dapat dilakukan untuk mengembangkan kecerdasan emosi anak, macam-macam pola asuh pada anak serta pengaruh pola asuh terhadap perkembengan anak. Dengan tetap menjaga protokol kesehatan sesuai aturan yang berlaku semua peserta yang ikut di kegiatan seminar semangat untuk memperoleh ilmu dari seminar ini yang harapannya bisa diterapkan dilingkungan keluarga dan masyarakat yang akhirnya bisa mengamalkan ilmu yang diperoleh dan dapat disampaikan ke wali murid khususnya dilingkungan amal usaha ‘Aisyiyah.

Sebagaimana diutarakan oleh Hj.Sudartie sebagai Ketua PDA Kota Batu dalam sambutannya. Wulida Azmiyya El Rifqiya sebagai nara sumber pertama yang bekerja sebagai dosen pada Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas Brawijaya menyampaikan materi perkembangan anak, dari perkembangan Fisik, perkembangan kognitif sampai pada perkembangan sosioemosional. Ilmu yang disampaikan harapannya bisa merubah pola asuh ibu terhadap anak yang mengarah ke hal-hal yang positif dengan menghilangkan energi negatif dengan tujuan 1) mengerti fenomena pengasuhan anak dalam masyarakat , 2) mengerti makna anak dan pengasuhan anak dalam paradigma Islam, 3) mengerti karakteristik pengasuhan ideal dan sifat-sifat yang harus dimiliki dan 4) memahami arti penting pengasuhan bagi anak , lingkungan masyarakat dan agama. Ilmu ini yang harus diwujudkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Susana Indahwati sebagai nara sumber kedua yang kesehariannya sebagai dokter, bekerja di dinas kesehatan kota Batu. Lebih jauh disampaikan Peran Keluarga dalam Optimalisasi Pola Asuh Anak di Era New Normal. Pentingnya fungsi keluarga yang lebih detail disampaikan fungsi Reproduksi yang pada intinya sampai pada pembahasan Stunting, mengingat dan berdasarkan data bulan timbang per Februari 2021 diketahui bahwa angka Stunting kota Batu sebesar 14,8 % dari 7000 balita. Tingginya Permasalahan Stunting di kota Batu menjadi perhatian serius Pemkot Batu untuk terus menurunkan angka Stunting di bawah 10 %. Lebih jauh disampaikan Stunting yang gejalanya umumnya terjadi disebabkan kurangnya asupan nutrisi pada 1.000 hari pertama anak. Hitungan 1.000 hari di sini dimulai sejak janin sampai anak berusia 2 tahun, Jika pada rentang waktu ini, gizi tidak dicukupi dengan baik, dampak yang ditimbulkan memiliki efek jangka pendek dan efek jangka panjang.

Gejala stunting jangka pendek meliputi hambatan perkembangan, penurunan fungsi kekebalan, penurunan fungsi kognitif, dan gangguan sistem pembakaran, Sedangkan gejala jangka panjang meliputi obesitas, penurunan toleransi glukosa, penyakit jantung koroner, hipertensi, dan osteoporosis. Momen yang baik ini dimanfaatkan oleh Majlis Ekonomi untuk menyampaikan sosialisasi suplemen Muvikid yang kaya akan vitamin dan mineral, bagus untuk pertumbuhan serta perkembangan anak agar terhindar dari Stunting, yang tindak lanjutnya informasi ini harus disampaikan ke masyarakat lingkungan sekitar. Dengan waktu yang relatif terbatas kegiatan seminar dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan waktu yang ditentukan .

Dari Zaerina PDA Kota Batu melaporkan. Ooo

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari